Rabu, 20 Juni 2012

"TRANSGENDER" PERUBAHAN RENALDY MENJADI DENA RACHMAN


Beberapa hari belakangan berita tentang Dena Rachman seorang mantan artis cilik era 90-an ramai di mana-mana. Namanya dulu Renaldy Rachman (Giovanni). Memulai karir sebagai bintang iklan sebuah produk alat tulis, karirnya lalu berkembang saat diajak teman bokapnya jadi penyanyi. Tapi, cowok kelahiran Jakarta, 30 Agustus 1987 itu baru benar-benar direken saat menjadi presenter acara Krucil di SCTV. Sekarang, setelah sekian lama menghilang, Renaldy kembali jadi omongan. Hanya saja, bukan karena karir keartisannya. Melainkan karena perubahan besar-besaran yang terjadi dalam dirinya.Sebelum kita bahas apa itu transgender ? Kita kenali dulu kasus Dena Rachman ini.
Yap. Sekarang Renaldy berubah menjadi Dena Rachman. Dan, perubahan tersebut nggak hanya pada nama, melainkan juga pada tampilannya. Renaldy alias Dena Rachman sekarang berubah jadi cewek!
Dena mengaku kalau sejak kecil sudah merasa bahwa dirinya adalah seorang cewek. Hanya saja, terjebak di dalam tubuh cowok! Ini dirasakannya kira-kira sejak berumur lima tahun.

Foto Reynaldi 'Krucil' Jadi Transgender - Dena Rachman atau dulunya bernama Renaldy yang merupakan mantan artis cilik sebagai pembawa acara krucil di SCTV kini menjadi bahan pembicaraan di forum-forum internet, Dena Rachman atau Renaldy menjadi bahan pembicaraan karena keputusnya untuk menjalani transgender dari laki-laki menjadi seorang wanita, foto-foto Dena Rachman setelah mengalami transgender sendiri kini banyak sekali kita jumpai di situs di intenet, akan tetapi sampai sekarang ini saya juga masih belum ingat dan terus mencari foto Renaldy di era tahun 90 an sebagai krucil karena terus terang saya agak lupa dengan wajah renaldy sang mantan artis cilik tersebut.


Usut punya usut, Reynaldi yang dulunya pembawa acara krucil di SCTV yang ngetop pada pertengahan tahun 1990an. Tentunya saat itu tidak ada yang mengira bahwa Reynaldi akan mengalami perkembangan fisik dan psikologis seperti sekarang. hal itu diakui artis yang kini menyandang nama Dena Rachman ini sebagai hal yang tak mudah diungkapkan.



Dena Rachman atau Renaldy ini merupakan artis kelahiran Jakarta 30 Agustus 1987 ini merupakan salah satu artis yang bisa di bilang pintar dalam hal akademis, artis lulusan dari salah satu universitas terkemuka di Jakarta ini sekarang ini sedang menempuh master, tepatnya MBA in Design, Fashion & Luxury Goods di Alma Graduate School University of Bologna, Italia, dan menurut berita dia mulai berdandan layaknya wanita saat dia duduk di bangku kuliah di FISIP UI jurusan komunikasi, karena merasa di terima lingkungan dan sahabat-sahabatnya membuat dena ranchman memutuskan untuk menjadi trasgander tersebut.

APA ITU TRANSGENDER?
banyak hal yang bisa kita pelajari dari Dena . Salah satunya, tentu saja tentang transgender. Mungkin banyak yang sudah dengar istilah ini. Tapi, mungkin juga belum semuanya ngerti apa itu transgender.
For your info saja, transgender adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa nggak nyaman dengan kondisi fisik kelaminnya, kemudian mengadakan perubahan besar-besaran dengan mengganti kelaminnya menjadi sama dengan lawan jenisnya. WHO, badan PBB yang menangani masalah kesehatan, mengklasifikasikannya dalam ICD-10 (International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems 10th Revision) di Bab V Chapter F60-F69 sebagai klasifikasi medis untuk gangguan kepribadian dan perilaku dewasa (disorders of adult personality and behaviour).
Pada kasus Dena, dia merasa nggak nyaman jadi seorang cowok. Sebab, jauh di lubuk hatinya, dia memang merasa bahwa dirinya seorang cewek. Makanya dia akhirnya memutuskan pindah kelamin jadi cewek.
Harus dicatat, istilah transgender ini nggak cuma berlaku untuk cowok yang pindah kelamin jadi cewek. Tapi juga sebaliknya, cewek yang pindah kelamin jadi cowok.
Pertanyaan berikutnya, kenapa mereka bisa merasa terjebak dalam tubuh yang salah? Jawabannya, banyak penyebabnya.
Secara medis konon “kekacauan” ini disebabkan oleh kromosom. Kromosom adalah suatu struktur yang membalut DNA, si pembawa informasi genetik. Kromosom ini pembawa gen pada makhluk hidup.
Seorang peneliti bernama Thomas Hunt Morgan pada tahun 1910 menyatakan manusia punya 46 buah kromosom dengansistem penentuan kelamin XY. Pada cewek, ada dua kromosom yang sama (XX). Sedangkan pada cowok punya dua kromosom yang berbeda (XY). Toh, meski begitu bukan berarti nggak ada pasangan kromosom yang “nyeleneh”.
Menurut ahli genetika, Dr Singgih Widjaya SpGK dalam sebuah wawancara, kelainan kromosom biasanya terjadi saat pembuahan, yaitu saat sperma bertemu dengan sel telur. Di saat itu terjadi pembelahan dua kali, hingga akhirnya mengurangi jumlah kromosom yang semestinya ada. Harusnya 46, jadi tinggal 23 saja. Kondisi inilah yang jadi pemicu munculnya karakter yang berbeda dalam diri seseorang. Contohnya Dena, dia memiliki sifat dan perasaan layaknya seorang cewek, meski pada kenyataannya bentuk tubuh dan alat kelaminnya adalah cowok!
Penyebab lain, lingkungan juga ikut berperan dalam makin kukuhnya karakter yang bersangkutan. Maksudnya, sikap dan perlakuan lingkungan (terutama orang-orang terdekat) yang bisa menerima keadaan berbeda itu ujung-ujungnya bikin yang bersangkutan makin yakin untuk merubah kelaminnya. Seperti yang Dena bilang, ortu dan teman-temannya bisa menerima keadannya dan bahkan men-support-nya, kan?

So, salahkah Dena atau teman-teman lain yang seperti Dena? Rasanya nggak pantas kita menjawab pertanyaan ini dengan cara men-judge benar atau salah. Lebih baik kita introspeksi diri masing-masing, lalu melanjutkan hidup dengan jalan masing-masing secara positif….

Berikut ini adalah beberapa foto-fotonya setelah menjadi transgender :


20 komentar:

  1. Itu bukan geovani kali...
    Klo bikin berita di kroscek dulu lahh... jd fitnah...
    Reynaldi dan geovani itu orang yg berbeda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya :( Reynaldi itu emang artis cilik tapi BEDA ama Geofani apalagi Afandi (trio kwek2), Geofani masih tetep abang skr, malah bikin band.

      Hapus
  2. itu dena yg du wawancara di hitam putih trans7 tadi katrok yg komentar

    BalasHapus
  3. bos hati hati buat berita ... salah orang tuh

    BalasHapus
  4. Ya memang itu artis cilik yg terkenal dgn pasangannya Saskia (Dulu sering bareng nyanyi / Geovani dan Saskia). Geovanni ini nama aslinya adalah reinaldy yang sekarang jadi cewek. Kalo cowok yang seangkatan dengan dia di Trio Kwek Kwek itu adalah Alfandy.

    BalasHapus
  5. salah orang woiii....geovani temben, renaldy tirus...

    BalasHapus
  6. bener tu geovaniiiiiiii
    astaugfirualllah

    BalasHapus
  7. Ngaco.. reinaldi itu bukan giovanni. Giovanni mah sekarang bikin band namanya sagadaex. Ati2 dong kalo bikin tulisan. Liat dulu kebenarannya.

    BalasHapus
  8. Orang orang gapernah nonton tv gini nih,orang jelas jelas doi uda go publik sampe masuk hitam putih

    BalasHapus
  9. Bener kok itu, cewek itu yg dulu anggota Trio Kwek-kwek. Dulu mah masih cowok dia. DI acara Hitam Putih dan nongol semua tuh personilnya: Saskia, Dhea Ananda termasuk yg gambarnya ada di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reynaldi itu emang artis cilik tapi BEDA ama Geofani apalagi Afandi (trio kwek2), Geofani masih tetep abang skr, malah bikin band. Afandi jg masih Abang dia uliah di US. Lha Si reynaldi itu lebih muda dr Geo ma Afa.. dia emang kul di Italy.

      Hapus
    2. Trio Kwek2 anggotanya ga ada yg nama Saskia =_=" adanya Dea Ananda, Leony, Afandi

      Hapus
  10. EH tolong ralat dong, reynaldi itu emang artis cilik tapi BEDA ama Geofani apalagi Afandi (trio kwek2), Geofani masih tetep abang skr, malah bikin band. Afandi jg masih Abang dia uliah di US. Lha Si reynaldi itu lebih muda dr Geo ma Afa.. dia emang kul di Italy. Bikin berita kroscek dulu,, ngerusak masa kecil gue aja


    http://www.kapanlagi.com/foto/berita-foto/indonesia/01645sagadaex-20070114-001-wawan.html

    http://triokwekkwekfc.blogspot.com/2012/05/profil-personil-trio-kwek-kwek.html

    BalasHapus
  11. pada kaga punya tivi apa yak :-?

    BalasHapus
  12. liat di youtube aja..
    jangan ribut..
    ada bedanya disana..

    BalasHapus
  13. Hahaha ..... keknya pada gaq bisa bedain anggota trio kwek kwek sama duo saskia-geovani dan reynaldi seorang diri .... beda generasi keknya nih kita .... wkwkwwk ..... bener kata Oom diatas,gaq punya TV keknya .... hihihihi .....

    BalasHapus
  14. http://www.tempo.co/read/news/2013/06/14/219488268/Foto-Masa-Kecilnya-Dena-Rachman-Itu-Bukan-Aku

    BalasHapus
  15. bikin mumet ni berita ,,, vangkeh

    BalasHapus